Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya, Katakanlah (Muhammad),
‘Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku,
meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)
(Al-Kahfi:109).

Sunday 27 October 2013

sistem anatomi, fisiologi, psikologi dan pulsologi




Image


Ibnu al-Nafis dilahirkan di Damaskus pada 1213 M dan wafat pada 1288 M. Nama lengkap beliau Ala-al-Din Abu al-Hasan Ali Ibn Abi al-Hazm al-Qarshi al-Dimashqi. Oleh para pengagummnya termasuk di Barat, Ibnu al-Nafis dijuluki The Second Avicenna (Ibnu Sina kedua). Ibnu Nafis menempuh pendidikan kedokteran di universitas di Damaskus di bawah bimbingan Muhalthab al-Din Abd al-Rahim. Selain ilmu kedokteran, Ibnu Nafis juga mempelajari hukum Islam. Setelah selesai pendidikan dokter, beliau meninggalkan Damaskus menuju Kairo, Mesir. Bekerja dan belajar di Rumah Sakit Al-Nassiri, Kairo.
Kontribusi Ibnu Nafis untuk dunia Kedokteran :
  1. Menulis buku yang dalam bahasa Inggris berjudul The Comprehensive Book of Medicine. Buku tersebut dibuat hingga 43 volume dari 1243 M – 1444 M.
  2. Ibnu Nafis menjadi orang pertama yang secara tepat mendeskripsikan peredaran darah di paru-paru, saluran pernafasan dan interaksi antara udara dan darah di dalam tubuh manusia.
  3. Beliau dikenal sebagai pendukung metode kedokteran eksperimental, otopsi post mortem dan bedah mayat manusia.
  4. Ibnu Nafis dicatat sejarah sebagai dokter pertama yang menjelaskan konsep metabolisma dalam tubuh.
  5. Beliau mengembangkan aliran kedokteran Nafsian mengenai sistem anatomi, fisiologi, psikologi dan pulsologi.
  6. Buku Commentary on The Anatomy of Canon of Avicenna adalah salah satu karya terbaik beliau. Berisikan komentar-komentar beliau tentang Canon-nya Ibnu Sina. Mengembangkan pemikiran Ibnu Sina disertai teori-teori Ibnu Nafis tentang sistem peredaran darah paru-paru, nutrisi bagi jantung dan lain-lain.
  7. Teori beliau yaitu The Lesser and Pulmonary Circulation of The Blood (Peredaran Darah Paru-paru dan Tubuh Bagian Bawah) adalah prestasi yang penting bagi dunia kedokteran.
  8. Kitab al-Mukhtar fi al-Aghdhiya adalah karya Ibnu Nafis yang menguraikan efek diet bagi kesehatan.
  9. Kitab al-Shamil fi al-Thibb merupakan sebuah ensiklopedia yang beliau rencanakan hingga 300 jilid. Penulisan kitab ini terhenti di tengah jalan karena Ibnu Nafis keburu wafat.


sumber dari: blognyadokterarif.wordpress.com

No comments:

Post a Comment