Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya, Katakanlah (Muhammad),
‘Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku,
meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)
(Al-Kahfi:109).

Sunday 27 October 2013

At-Tasrif liman ‘Ajiza ‘an at-Ta’lif




Image


Dengan nama lengkap Abu al-Qasim Khalaf Ibnu Abbas az-Zahrawi, dokter muslim yang satu ini lebih akrab dipanggil dengan nama Abu Qasim atau az-Zahrawi. Beliau lahir pada 936 M di Cordoba, Spanyol dan wafat pada 1013 M. Di Eropa beliau dikenal dengan nama Abucasis.
Pada masanya az-Zahrawi adalah seorang dokter bedah yang terkenal dan juga pengajar di sekolah-sekolah kedokteran yang ada pada saat itu.

Image

Kontribusi az-Zahrawi untuk dunia Kedokteran :
  1. Beliau menulis kitab At-Tasrif liman ‘Ajiza ‘an at-Ta’lif, berisikan berbagai metode pengobatan, sebagian besar tentang metode operasi medis dan hal-hal baru yang beliau temukan. Kitab ini menjadi kitab Kedokteran yang terpopuler pada masanya dan memeberikan pengaruh pada metode pengobatan Kedokteran Barat hingga ratusan tahun.
  2. Menciptakan instrumen (alat) bantu operasi. Terbagi dalam tiga kelompok instrumen, yaitu : instrumen untuk operasi telinga bagian dalam, instrumen untuk inspeksi internal saluran kencing dan instrumen untuk mengeluarkan benda asing dari kerongkongan.
  3. Az-Zahrawi juga pakar operasi dengan berbagai teknik untuk 50 macam jenis operasi.
  4. Beliau menguraikan secara detail operasi terhadap kanker payudara, teknik menghilangkan batu ginjal dan mengangkat kista pada kelenjar tiroid.
  5. Beliau membahas tentang luka dan pembedahannya, pengobatan patah tulang, pengobatan penyakit gigi, pengobatan dan pembedahan penyakit telinga serta ilmu penyakit kulit.
  6. Pada abad pertengahan kitab at-Tasrif dialih bahasakan ke bahasa Latin dan bahasa negara-negara di Eropa. Kitab ini beserta diagram dan ilustrasi alat-alat bedah az-Zahrawi menjadi buku wajib mahasiswa kedokteran di Eropa pada saat itu.


sumber dari: blognyadokterarif.wordpress.com

No comments:

Post a Comment