Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya, Katakanlah (Muhammad),
‘Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku,
meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)
(Al-Kahfi:109).

Sunday 27 October 2013

ahli botani dan farmasi




Image


Ibnu Al-Baitar adalah salah satu ilmuwan Islam terbaik yang pernah ada. Beliau dikenal sebagai ahli botani dan farmasi (obat-obatan). Ibnu Al-Baitar lahir pada akhir abad ke-12 di Malaga, Spanyol dan wafat di Damaskus pada tahun 1248 M. Lahir dengan nama Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi, beliau mendapatkan ilmu tentang botani dari guru beliau Abu al-Abbas al-Nabati, seorang ahli botani yang terkenal pada saat itu.
Kontribusi Ibnu al-Baitar untuk dunia Kedokteran :
  1. Mengumpulkan dan mengklasifikasikan berbagai jenis tanaman termasuk di dalamnya tanaman obat.
  2. Kitab Al-Jami fi al-Adwiya al-Mufrada yang beliau tulis menjadi kitab yang terpopuler saat itu. Berisikan 1400 item tanaman yang sebagian besarnya adalah tanaman yang digunakan pada metode pengobatan Arab.
  3. Kitab Al-Mughni fi al-Adwiya al-Mufrada, merupakan ensiklopedia tanaman obat khususnya di wilayah Arab Saudi.
  4. Kitab lainnya : Al-Mughni fil Adwiyyatil Mufradah wal Ughdziyyah (Ensiklopedi Pengobatan Mandiri dan Makanan) dan Al-Jami’ fil Adwiyyatil Mufradah wal Ughdziyyah (Kumpulan Pengobatan Mandiri dan Makanan).  


sumber dari: blognyadokterarif.wordpress.com

No comments:

Post a Comment