Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya, Katakanlah (Muhammad),
‘Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku,
meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)
(Al-Kahfi:109).

Saturday 28 December 2013

Riwayat Angka Nol







Pada saat yang hampir bersamaan, ketika “algebra” sedang diterjemahkan. John dari Seville membuat sebuah versi bahasa Latin terkenal yang merupakan penyesuaian dari karyanya sendiri atau karya beberapa penulis muslim, yang telah hilang dalam versi bahasa Arab kecuali “Kitab Hisab al-Adab al-Hindi”. Karya John dari Seville itu berjudul “Liber Alghoarisme de Pratica arismetrice”.

Hubungan-hubungan yang ada diantara beberapa karya Abad Pertengahan yang berasal dari karangan al-Khawarizmi tampaknya masih kurang memadai. Namun semuanya mempunyai karakteristik umum, sehingga mereka menjelaskan bagaimana bekerja dengan sejumlah angka-angka dan bilangan-bilangan Arab yang pernah terkenal pada abad ke-3H/ke-9M. di semenanjung Iberia. Mengenai angka-angka ini, sarjana-sarjan abad pertengahan menemukan berbagai macam etimologi dan legenda-legenda. Gasper Tejada, misalnya menegaskan bahwa “Nol itu bukanlah sebuah tanda melainkan suatu ruang kosong”. Ini merupakan sebuah ide yang didapatkan jauh lebih awal dalam “Mafatih al-Ulum” atau “Keys of the Science”.

Angko nol atau kosong, dalam bahasa Arab disebut sifr. Dengan angka ini kita dapat menghitung puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. Sebelum angka nol ditemukan atau diciptakan oleh orang Islam, orang menggunakan abacus sempoa semacam daftar yang merupakan jadwal dimana ditunjukan satuan puluhan, ratusan dan seterusnya untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan. Sayang sekali bahwa abacus ini kurang populer dikalangan pemakai. Terbukti ketika Boethius dan Gerbert mencoba memperkenalkannya di Barat pada sekitar abad ke-10 M. ternyata kurang mendapat perhatian. Orang malah meniggalkannya dan berganti memakai raqam al-binji penemuan Al-Khawarizmi. Orang Islam membawa angka ini bersama dengan angka nol, yang baru menggunakannya setelah kira-kira 250 tahun dipakai orang Islam sendiri. Yang mungkin perlu ditelusuri lebih lanjut adalah mengenai penggunaan titik kecil sebagai pengganti angka nol yang hingga kini tetap terpakai dalam penulisan angka Arab

Sebuah karangan Al-Khawarizmi yang dianggap penting juga telah disalin ke dalam bahasa Latin oleh Prince Boncompagni dengan judul “Trattati d’ Arithmetica”. Buku tersebut membahas beberapa soal hitungan dan asal-usul angka, serta sejarah angka-angka yang sekarang ini kita gunakan. Buku terbit di Roma pada tahun 1857 M.


Bentuk actual angka-angka yang kurang penting untuk operasi-operasi digambarkan dalam “Liber Alghoarismi”, namun operasi-operasi tersebut dilakukan dengan cara 9 atau 10 simbol-simbol yang secara tidak langsung menyatakan suatu penyetahuan tentang aturan-aturan yang diuraikan secara terperinci oleh Al-Khawarizmi. Di Spanyol cara ini telah dikenal sekitar abad ke-10M, yang membuktikan adanya suatu cara penulisan bilangan dengan system posisional dengan dasar 10. dengan hal bentuk angka-angka yang digunakan pada waktu itu, sementara masih dilacak terus.



sumber dari: banggundul.web.id

Jasa al-Faraid






“Liber Alghoarismi”dan karya-karya lain yang sama, semuanya menguraikan secara jelas operasi-operasi penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Semua ini menunjukan bagaimana seharusnya menggunakan pecahan-pecahan desimal dan sexagesimal. Dan semuanya mengguanakan apa yang disebut pecahan-pecahan Eqyptian yang menggunakan angka satu sebagai pembilang, sehingga kita dapat memperoleh angka atau bilangan lain dengan cara penambahan. Misalnya 1/3 + 1/15 = 2/5 atau ¼ + 1/28 = 2/7. bentuk-bentuk pecahan semacam ini telah ditemukan dalam Rhind Papyrus dan telah berkembang melampaui periode-periode Abad Pertengahan khususnya ketika system aturan warisan dalam Al-Qur’an menampilkan al-Faraid (ilmu tentang warisan) dan telah membuat operasi-operasi aritmatika yang menggunakan angka-angka pecahan menjadi lengkap sempurna

System tersebut, yang saat ini telah berkembang dengan baik, diperkirakan masuk Eropa melalui perantara berbagai versi bahasa Spanyol dan karya-karya Fibonacci, serta karya Gebert d’Adrignac dari Spanyol, salah satu karya Leonardo Fibonacci, “Liber Abaci” yang terdiri dari 15 bagian, merupakan hasil penelitiannya tentang ilmu aljabar yang pada saat itu (abad ke-8M) banyak dipakai di Barat. Hasil penelitian tersebut berasal dari orang Islam yang mutunya melebih cara-cara berhitung ala Pythagoras. Hal ini dipertegas lagi setelah ia berkelana di Mesir, Sicilia, Yunani dan lain sebagainya. Ditemukan pula bahwa ternyata pengetahuan tentang akar, pecahan, negatif dan positif adalah hasil penemuan ilmuwan Muslim.


Operasi-operasi dengan pecahan sexagesimal, ini diketahui amat penting untuk perhitungan-perhitungan astronomi, malahan lebih menarik lagi Al-Khawarizmi memberikan beberapa aturan yang melalui sesuatu penyelesaian dalam buku berjudul “De Numero Indorum” oleh John Seville, dengan cepat masuk menerobos bangku-bangku universitas. Karya-karya berbahasa Arab pada abad ke-9 M. Juga menyuguhkan topik-topik yagn mengandung suatu tabel pengalian dalam system sexagesimal. Tabel sexagesimal seperti disebutkan di atas ditemukan dalam karya Kusyiyar bin Labban (360-420H/971-1029M.) yang berjudul “KItab fi Ushul Hisab al-Hind” yang kini telah dianggap hilang. Sedang versi tertua yang masih tersimpan adalah versi bahasa latin karya Al-Khawarizmi “Astronomi Tables” yang kemudian diterjemahkan oleh Adelard dari Bath.



sumber dari: banggundul.web.id

Tabel Astronomis






Sebagai seorang praktisi astronomi, Al-Khawarizmi dikenal sebagai salah satu tokoh pendiri bidang “Astrolabe” dan telah menyusun kurang lebih seratus tabel tentang bintang. Salah satu karyanya yang berjudul “Zij al-Shindhind” merupakan karya terpenting hingga saat ini. Ia merupakan sebuah tabel astronomis yang telah diterjemahkan oleh Adelard dari Bath ke dalam bahasa Latin, dan diedit oleh H Suter di bawah judul “Die Astronomischen Tafel des Muhammad Ibnu Musa al-Khawarizmi” (Kopenhagen-1914 M.).

Buku “Zis as-Sindhind” di atas telah menjadi subyek dari suatu komentar khusus Ibnu Al-Muthanna. Versi bahasa Arabnya telah hilang tapi versi bahasa Hebrew yang diedit dan diterjemahkan oleh B.R Goldstein (London-1967 M) dan versi bahasa Latin yang diedit oleh E. Millas Vendreli (Madrid-Barcelona, 1963 M) masih tetap tersimpan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa karya Al-Khawarizmi mempunyai dua buah resensi, yang salah satunya digunakan oleh Adelard. Kemudian hanya ini dikoreksi Maslama Al-Majiriti.

Beberapa informasi komplementer tentang tranmisi dan kandungan “Tables” dapat ditemukan dalam karya Abraham ben Ezra, “El Libro los Fundamentos de las Tables Astronomicas”, dan dalam monograf-monograf J.J Burckhardt.

Sebuah analisa terhadap “Tables” Al-Khawarizmi mengungkapkan sumber-sumber yang digunakan serta ketidakteraturan sifat subyeknya. Teori menyangkut bulan misalnya, berasal dari sebuah sumber antara (intermediate source) yang tidak ada kaitannya dengan “Almagest”. Metode-metode yang digunakan untuk menentukan garis bujur sebuah planet secara tepat, berasal dari “Surya Shidanta” dan “Janda Jadyaka”. Nilai-nilai gerakan berasal dari Brahmagupta. Dan dalam manuskrip “Corpus Christi College”, yang berasal dari Adelard, terdapat sebuah gambaran mengenai gerak acak yang dijelaskan panjang lebar oleh Azarqui (Az-Zarkah), juga sama-sama berasal dari sumber-sumber India.


Sebuah sumber yang sama dapat dikenal dalam persamaan-persamaan yang menyangkut matahari dan dalam tabel-tabel sinus dengan R =150 (Ibnu Muthanma juga menyinggung nilai ini) yang kemudian diganti, dalam penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh Maslama, dengan penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan basis R = 60, sebuah bilangan asli Yunani (Hellenistik). Di sisi lain metode-metode yang digunakan untuk menentukan gerakan maju dan mundurnya sebuah planet, langsung atau tidak berasal dari buku pegangan “Tables” karya Theo. Unsur-unsur lain yang diberikan di dalamnya, dalam “Tables” Al-Khawarizmi, berasal dari “Zij Ma’munj” dan “Zijasy-Syah”. Sedang dalam penentuan parallax, algorisme ulang (the repetitive algorism) diperoleh dari “Janda Jadyaka” dan ini membawa suatu parallelisme tertentu dengan metode yang digunakan oleh Keppler untuk menentukan anomaly eksentrik.



sumber dari: banggundul.web.id

Friday 27 December 2013

Rihlat Ibn Battuta رحلة ابن بطوطة




Rihlat Ibn Battuta رحلة ابن بطوطة

Rihlat Ibn Battuta رحلة ابن بطوطة


Known as the greatest traveler of premodern times, Abu Abdallah ibn Battuta was born in Morocco in 1304 and educated in Islamic law. At the age of twenty-one, he left home to make the holy pilgrimage to Mecca.
This was only the first of a series of extraordinary journeys that spanned nearly three decades and took him not only eastward to India and China but also north to the Volga River valley and south to Tanzania.

The narrative of these travels has been known to specialists in Islamic and medieval history for years.



sumber dari: alkitab.com

Unearthed: Trail of Ibn Battuta






Unearthed: Trail of Ibn Battuta is a third-person action-adventure game developed by Saudi Arabian developer Semaphore. The game is set to be released on both PC and Mac, PSN, and all major iOS and Android devices. The game will be episodic, each episode releasing at the same time on each device. The game is said to have a cliff hanger at the end of each episode.

You play as a young explorer, Faris Jawad, who must travel through much of the Middle East and North Africa, including Dubai, Egypt, Morocco, Syria, and Saudi Arabia, to uncover one of its greatest mysteries left behind by famous Moroccan explorer Ibn Battuta. The game features a cover mechanic and over-the-shoulder shooting as well as a multiplayer component. The game is also tied to a Facebook game, Unearthed Online.

The game has drawn many comparisons to the Uncharted series for its gameplay and subject matter, as well as the three protagonists' resemblance to the lead characters in Uncharted.

The game is based on the 13th century traveller Ibn Battuta, who is regarded as one of the greatest travellers of all time. He travelled across much of the Old World, from his home in Northern Africa, to Eastern & Western Africa, the Middle East, Southern & Eastern Europe, Central Asia, the Indian subcontinent, Southeastern Asia, and China.



sumber dari: giantbomb.com

The Voyages Of Ibn Battuta




Tabula Rogeriana


The renowned voyages of the 14th century Moroccan-born traveller Ibn Battuta began with the hajj, a pilgrimage to be undertaken by all Muslims at least once in their lifetimes during the twelfth month of the year, Dhu al-Hijjah. Leaving home at the age of 21, the religious journey to Mecca would be long and arduous, requiring some sixteen months of travel; for Ibn Battuta it was the beginning of an adventure which would take twenty-four years.

Through North Africa, Ibn Battuta passed through Cairo and Alexandria, and journeyed up the Nile River before turning east. Regional instability forced him to retrace his steps back to Cairo before travelling through Damascus to Medina and finally to Mecca. Having completed the hajj, however, Ibn Battuta chose to continue eastward rather than turning back towards his homeland. This journey would take him through through Najaf in present-day Iraq, the great Persian cities of Esfahan and Shiraz, to Baghdad and then, after several more detours, back to Mecca for his second hajj. Subsequent journeys would bring him to Hangzhou on the eastern coast of China, Malaysia, Sri Lanka, the Maldives, and India, among others.


Ibn Battuta's travels made him a witness to a broad array of ancient cultures as he travelled through some 44 modern-day countries. The scope of his travels defies imagination: it is estimated that he covered 73 000 miles in his travels. Marco Polo, by comparison, covered a mere 15 000 miles in his famed 13th century journey to China. Still, what we know of his travels is largely based on his dictated account published in the Rihla (The Journey), the truth of which cannot be verified. Part fiction, part travelogue, it nonetheless remains a valuable resource for those curious about the 14th century Arab world.
by Jon Crabb



sumber dari: theculturetrip.com

The Travels of Ibn Battutah




Front Cover


Ibn Battutah—ethnographer, bigrapher, anecdotal historian and occasional botanist—was just 21 when he set out in 1325 from his native Tangier on a pilgramage to Mecca. He did not return to Morocco for another 29 years, traveling instead through more than 40 countries on the modern map, covering 75,000 miles and getting as far north as the Volga, as far east as China, and as far south as Tanzania. He wrote of his travels, and comes across as a superb ethnographer, biographer, anecdotal historian, and occasional botanist and gastronome. With this edition by Mackintosh-Smith, Battuta's Travels takes its place alongside other indestructible masterpieces of the travel-writing genre.



sumber dari: books.google.com.my

Ibn Battuta Award




Journey_to_Mecca_-_In_the_footsteps_of_Ibn_Battuta


"To the world of today the men of medieval Christendom already seem remote and unfamiliar. Their names and deeds are recorded in our history-books, their monuments still adorn our cities, but our kinship with them is a thing unreal, which costs an effort of imagination. How much more must this apply to the great Islamic civilization, that stood over against medieval Europe, menacing its existence and yet linked to it by a hundred ties that even war and fear could not sever. Its monuments too abide, for those who may have the fortunate to visit them, but its men and manners are to most of us utterly unknown, or dimly conceived in the romantic image of the Arabian Nights. Even for the specialist it is difficult to reconstruct their lives and see them as they were. Histories and biographies there are in quantity, but the historians for all their picturesque details, seldom show the ability to select the essential and to give their figures that touch of the intimate which makes them live again for the reader. It is in this faculty that Ibn Battuta excels."

Thus begins the book, "Ibn Battuta, Travels in Asia andAfrica 1325-1354" published by Routledge and Kegan Paul.

The Ibn Battuta Award is given by the Anthropology Program at Kansas State University to the anthropology major submitting the best anthropological research paper for the academic year. The award consists of a cash prize and book describing the adventures and discoveries of Ibn Battuta, a 14th century Muslim traveler, as well as recognition of quality research and writing. The awardee will be recognized at the annual departmental awards ceremony in April.

The paper can deal with any anthropological topic. Coauthored papers are not allowed.

Papers must be neat, typed, double-spaced, and include an abstract, in-text citations and a references cited section. All submissions must follow the style guide of American Anthropologist. The cover page should indicate the title, author, date of submission, and author's mailing address, phone number, and e-mail address. The first page of the text should also include the title and abstract. No identification of the author should be given beyond the cover page.

The complete paper should be e-mailed to the Anthropology Program Coordinator by the due date.

Past winners of the Ibn Battuta Award:

2008  Adam Bohannon
"Negotiating Id/entity in Internet-Mediated Contexts"

2007  Tobias Blake
"Illusions of the End: Coming to Terms with Apocalyptic Belief in America."

2006  Kevin Champion
"Eric Wolf Envisions Power: the Babri Masjid-Ramjanambhoomi Controversy"

2004 Ms. Jana Thomas
"Business Anthropology: A Look at How Anthropology is Creating a Niche for Itself in the World of Business"

2003 Ms. Stephanie Springer
"Edward Twitchell Hall: Studying the Culture of Everyday Life"

2002 Ms. Rose Ediger Wishall
"Hilda Beemer Kuper: 1911-1992"

2001 Mr. Lucas Bessire
"Ayoreo Inquiries: A Critical Analysis of the Geographical, Historical and Political Context of a Foraging People of the Gran Chaco"

1997 Michael Wesch
"Phish-Heads: Modern Society, Youth, and Identity"

1996 Laura Bathurst
"Laura Nader: A Critical Approach to Anthropology"


1994 Thurman G. Williams
"Revitalization Movements: A Comparison of Maori and Native American Past and Present"            



sumber dari: k-state.edu

crossed the Sahara desert




Camel caravan, Sahara


Ibn Battuta was born in a rich family in Tangier, Morocco. His plan was to be a judge. After his studying, Ibn Battuta decided to make pilgrimage to Makkah for Hajj. Makkah was 3000 miles away and the journey would take more then a year. Therefore, Ibn Battuta left on June 14, 1325 CE. Fascinated by the sights he saw, Ibn Battuta decided to devote his life to traveling. First, he made two rules for himself:
  • Only to visit the Muslim world.
  • Never to travel any road a second time.

He began first by exploring the lands of the Middle East. Then he sailed down the Red Sea to Makkah. He crossed the huge Arabian Desert and traveled to what are now Iraq and Iran. In 1330 CE, he set of again, down the Red Sea to Aden and then along the coast of East Africa to present day Tanzania. Then in 1332 CE, Ibn Battuta decided to go to India. He was welcomed by the Sultan of Delhi and given the job of a judge. He stayed in India for 8 years and then left for China. He survived wars, shipwrecks, and rebellions. Finally, he returned home at Tangier in 1349 CE. Ibn Battuta left for another adventure. In 1352 CE, he went south, crossed the Sahara desert, and visited the African kingdom of Mali. He got back to Morocco in 1354 CE. He had traveled for about 29 years and more then 75,000 miles, visited all Muslim lands, and met sixty different rulers.



sumber dari: albalagh.net

The Travels of Ibn Battuta




Front Cover


He journeyed farther than his near contemporary Marco Polo, though Muslim scholar Ibn Battuta (1304-c. 1377) is barely remembered at all compared to that legendary traveler. But Battuta's story is just as fascinating, as this 1829 translation of his diaries, by British Orientalist REV. SAMUEL LEE (1783 -1852), demonstrates. Embarking upon what would eventually be a 27-year pilgrimage, Battuta traveled through East Africa, the Middle East, India, China, and beyond, bringing him to most of the 14th-century Islamic world. Rife with beautiful descriptions of the exotic peoples he met and landscapes he saw, this little--known classic of medieval literature will enthrall scholars of Islamic history and armchair travelers alike.



sumber dari: books.google.com.my

Wednesday 25 December 2013

Arterialized Vein (Pulmonary Artery)




Illustration of the anatomy of the heart, view of the coronary arteries


Ibn Al Nafis said that blood from right heart cavity goes to the lung through the Arterialized Vein (Pulmonary Artery). In the lungs the blood divides into two: thin blood filters through pores of the arterialized vein (pulmonary Artery) and thick blood remains in the lung for its nutrition. The thin blood mixes with the air that comes from the trachea and enters the vein-like artery (pulmonary veins) through its wall. The thin blood mixed with air, reach the left heart cavity, the center where vital spirit form. The spirit moves from the left heart cavity to the aorta and the rest of the arteries to the tissues.

So Ibn Al-Nafis suggested that blood moves from Arteries to Veins across the wall inside the lungs, but his student, Ibn Al Quff, explained later in his book kitab al-omda fi sina'at altib, i.e., basic works concerning the art of surgery [12] , and proposed the existence of capillaries. This was not actually confirmed until the era of the microscope when Malphighi saw the capillaries in 1661.

Ibn Al Nafis also said that the heart muscles receive nourishment from the arteries [coronary arteries] that pass through it, not directly from the blood in the heart cavity as Galen claimed. He described his finding in his book Sharh Al Tashrih four hundred years before Harvey published "De Motu Cordis". Ibn Al Nafis' book was available for Harvey to see when he went to Italy to study in Padua University.

Ibn Al Nafis wrote more than twenty books, including Alshamil, a multivolume encyclopedia of medicine. He also wrote books on pediatrics and ophthalmology. He devoted one paper to the pulses.

Western writers admit that: "The Arabic teaching on the pulse became standard reference works, many of which have survived into the present day" [7] .

Until the death of Ibn Al Nafis in 1288, there was no mention of blood pressure or hypertension in the medical literature. A few centuries later, physiologists made the discovery.



sumber dari: heartviews.org

“Pelopor Ilmu Embriologi Modern”






“Pelopor Ilmu Embriologi Modern”, begitulah dokter Muslim terkemuka di abad ke-13 itu dijuluki. Sejatinya ia memiliki nama lengkap Amin al-Dawla Abu al Faraj ibnu Muwaffaq al-Din Ya‘qub ibnu Ishaq Ibnu al-Quff. Ia dilahirkan di Karak, sekitar 10 mil sebelah timur Laut Mati (sekarang Yordania) tahun 630 H/ 1233 M.

Ayahnya adalah seorang yang memegang posisi tinggi atau pejabat istana pada era kekuasaan kekhalifahan Islam di Karak dan Suriah. Ketika masih muda, Ibnu al-Quff kemudian hijrah bersama keluarganya dari Karak ke Sarkhad, di laut selatan Suriah, lalu ke Damaskus saat kekuasaan Dinasti Ayyubiah yang didirikan Salahudin al-Ayubi.

“Mungkin Ibnu al-Quff berada di Damaskus pada 1260 M, saat Mongol menyerang kota itu,” ujar Dr Sami K Hamarneh dalam karyanya The Physician, Therapist and Surgeon Ibn Al-Quff (1233-1286). An Introductory Survey of His Time, Life and Works.

Ayahnya memiliki teman dekat seorang dokter dan sejarawan, Ibnu Abi Usaibia. Ibnu Abi Usaibia menjadikan Ibnu al-Quff sebagai muridnya dan mengajarkan dia ilmu kedokteran. Ibnu Abi Usaibia memiliki risalah biografi yang tak ternilai dan menjadi sumber informasi utama tentang kehidupan Ibnu al-Quff.
Selain itu, Ibnu al-Quff juga berguru pada Ibnu Nafis, seorang dokter Muslim terkemuka. Menimba ilmu dari dua dokter hebat membuat Ibnu al-Quff menjelma sebagai dokter yang masyhur. Ia dikenal sebagai salah satu dokter hebat pada abad ke-13 M yang mendapat perlindungan penguasa Suriah.


Menurut catatan sejarah, Ibnu al-Quff memiliki wajah yang tampan, pendiam dan pintar. Ia juga merupakan seorang anak yang giat belajar. Selain menguasai kedokteran, dia juga ahli dalam bidang matematika, fisika, dan filsafat. Setelah menyelesaikan studinya, dia ditetapkan sebagai dokter bedah tentara.



sumber dari: mediacerebri.wordpress.com

no visible nor invisible holes in the interventricular septum






Ibn Sina (Avicenna 980-1037A.D.) wrote in his book The Canon, a detailed description of the pulse, characteristics, and variation in health and disease. He was considered the successor of Galen, and he kept that position for 500 years. He devoted a large portion of his work to the study of the pulse. He described more than 50 identifiable pulses. Avicenna wrote in The Canon:

The pulse is a movement in the heart and arteries . . . which takes the form of alternate expansion and contraction7. 
He also referred to the pulse in his Arabic poetry: “Differences in pulsation mean illness and causation”. The Arabs referred to Galen as “THE PHYSICIAN”. His teaching was highly wrong. There were no visible nor invisible holes in the interventricular septum” 11.

Ibn Al Nafis said that blood from right heart cavity goes to the lung through the Arterialized Vein (Pulmonary Artery). In the lungs the blood divides into two: thin blood filters through pores of the arterialized vein (pulmonary Artery) and thick blood remains in the lung for its nutrition. The thin blood mixes with the air that comes from the trachea and enters the vein-like artery (pulmonary veins) through its wall. The thin blood mixed with air, reach the left heart cavity, the center where vital spirit form. The spirit moves from the left heart cavity to the aorta and the rest of the arteries to the tissues.

So Ibn Al-Nafis suggested that blood moves from Arteries to Veins across the wall inside the lungs, but his student, Ibn Al Quff, explained later in his book kitab al-omda fi sina’at altib, i.e., basic works concerning the art of surgery12, and proposed the existence of capillaries. This was not actually confirmed until the era of the microscope when Malphighi saw the capillaries in 1661.



sumber dari: drhajar.org

discourse on surgery




சத்திர சிகிச்சைகளில் ஈடுபடும் சுகாதார துறையினருக்கு வழிகாட்டல் முறை அறிமுகம்


Surgical chapter from the 10th-century medical encyclopedia composed in Spain by al-Zahrawi.

Al-Zahrawi divided his discourse on surgery into three parts: on cautery, on incisions and bloodletting, and on bone setting

included in it copious illustrations and descriptions of instruments

In the 13th century, Ibn al-Quff, composed a specialized surgical manual - omitted all ophthalmologic procedures because he considered these the province of a specialist.

Nearly all the other general discussions of surgery did include some ophthalmologic practices, though not with the detail and thoroughness evident in the monographs devoted solely to ophthalmology.



sumber dari: medievalarabicmedicineproject.blogspot.com

penyakit-penyakit peredaran darah




Obat Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Gerard da Cremona, orang Italia yang tinggal di Spanyol, menerjemahkan 92 buku ilmiah Islam ke dalam bahasa Latin. Buku terjemahannya itu antara lain Al-Asrar (rahasia-rahasia) karya Abu Bakr Muhammad ibnu Zakaria Ar-Razi (bhs.Ltn.Razes, Rases, atau Rhazes), sebuah karya dokter Abu Az-Zahrawi tentang metoda pembedahan, buku karya Abu Muhammad Dhiyauddin Al-Baithar (bhs.Ltn.Alpetagrius) mengenai tumbuh-tumbuhan.


Giovanni Morgagni (1682-1771), orang Itali yang dihormati sebagai bapak pathology (ilmu penyakit) karena dikatakan sebagai orang pertama yang dengan benar menguraikan sifat alami penyakit. Namun jauh sebelum Giovanni melakukannya, para ahli bedah Islam adalah ahli patologi pertama sesungguhnya. Mereka menyadari secara penuh sifat alami penyakit dan menggambarkan berbagai macam penyakit dengan detil modern. Ibnu Zuhr dengan benar menggambarkan sifat alami radang selaput dada (pleurisy), tuberkulosis (TBC) dan radang kantung jantung (pericardistis). Az-Zahrawi dengan teliti mendokumentasikan ilmu penyakit dari hydrocephalus (air di otak) dan penyakit-penyakit sejak lahir lainnya. Ibnu Al-Quff dan Ibnu An-Nafs memberi uraian-uraian sempurna tentang penyakit-penyakit peredaran darah. Ahli-ahli bedah Islam lainnya memberi uraian-uraian akurat pertama tentang penyakit berbahaya tertentu, termasuk kanker perut, usus dan kerongkongan. Para ahli bedah Islam ini adalah pemula dari pathology (ilmu penyakit), bukan Giovanni Morgagni.



sumber dari: jogang.heck.in

menggunakan belerang (Sulfur) sebagai bahan utama






Paul Ehrlich (abad ke-19) disebut sebagai pencipta obat-obatan kemoterapi, yakni pemakaian obat-obatan yang khusus untuk membunuh mikroba, padahal dokter-dokter Islam telah menggunakan berbagai macam unsur pokok yang spesifik untuk menghancurkan mikroba. Mereka menggunakan belerang (Sulfur) sebagai bahan utama khusus untuk membunuh kuman kudis. Ar-Razi (pada abad ke-10) menggunakan campuran air raksa sebagai antiseptik yang penting.


Banyak ahli kimia Muslim telah menghasilkan alkohol sebagai obat-obatan terapeutik melalui penyulingan sejak abad ke-10 dan melakukan pabriksasi alat-alat penyulingan yang pertama untuk digunakan dalam proses kimiawi. Mereka menggunakan alkohol sebagai bahan pelarut dan antiseptik, jauh sebelum Arnau de Villanova, seorang Spanyol pada tahun 1300, yang mengaku telah membuat alkohol yang pertama di dunia.
Diberitakan bahwa anestesia modern ditemukan pada abad ke-19 oleh Humphrey Davy dan Horace Wells. 


Sebenarnya anesthesia modern ditemukan, dikuasai dan disempurnakan oleh ahli anestesia Muslim 900 tahun sebelum kedatangan Davy dan Wells. Mereka menggunakan cara oral seperti juga anestesia yang dihirup.
Sejak abad ke-10 dokter-dokter Islam dan ahli bedahnya sudah menggunakan alkohol sebagai pencegah infeksi ketika membersihkan luka-luka, jadi pencegahan infeksi yang dilakukan oleh ahli bedah dari Inggris, Joseph Lister pada tahun 1865 bukanlah yang pertama. Ahli bedah di Spanyol yang Islam menggunakan metoda-metoda khusus untuk memelihara antisepsis sebelum dan selama perawatan. Mereka juga memulai tindakan-tindakan khusus untuk memelihara kesehatan selama periode pasca operasi. Tingkat sukses mereka sangat tinggi, sehingga penjabat-penjabat tinggi di seluruh Eropa datang ke Cordova, Spanyol, untuk meminta pelayanan kesehatan yang dapat diperbandingkan dengan “Mayo Clinic” di Abad Pertengahan.


Menurut apa yang kita ketahui, William Harvey menemukan sirkulasi darah pada awal abad ke-17. Dia yang pertama dengan benar menguraikan fungsi jantung, pembuluh nadi dan vena. Galen dari Roma telah memperkenalkan ide yang salah mengenai sistem peredaran darah, dan Harvey yang pertama menetapkan bahwa darah dipompa ke seluruh tubuh via oleh kerja jantung dan klep-klep pembuluh darah. Oleh karena itu, dia dihormati sebagai pendiri ilmu tubuh manusia (physiology).


Tetapi 7 abad sebelumnya, yakni pada abad ke-10, Ar-Razi menulis sebuah risalah yang mendalam mengenai sistem pembuluh darah, dan dengan teliti digambarkannya fungsi pembuluh darah dan klep-klepnya. Ibnu An-Nafs dan Ibnu Al-Quff (pada abad ke-13) mendokumentasikan secara penuh tentang sirkulasi darah dan dengan tepat menggambarkan ilmu urai tubuh dari jantung dan fungsi klep-klepnya 300 tahun sebelum Harvey. William Harvey adalah seorang lulusan Universitas Padua yang terkenal di Itali, yang pada waktu itu mayoritas kurikulumnya didasarkan pada teks buku Ibnu Sina dan Ar-Razi.



sumber dari: jogang.heck.in

Monday 23 December 2013

Ibn Taimiyah in the eyes of the Sunni Ulema




Shia Pen


Whilst up till this point we have sought to condemn Ibn Taimiyah from his own pen, let us cite some Sunni opinions on the Shiekh ul Islam of the Salafis.

We read in Al-Fatawa al-Hadithya by Ibn Hajar al-Haythami, pages 156-157:

ابن تيمية عبد خذله الله وأضله وأعماه وأصمه وأذله ، وبذلك صرح الأئمة الذين بينوا فساد أحواله وكذب أقواله ۔۔۔

IbnTamiyah is a person who has been made infamous, blind, deaf and contemptible and the very fact has also been endorsed by the Imams who have mentioned his being a Fasid and a lair. Whoever wants to know him, should peruse the literature of Imam Hassan bin Subki al-Mujtahid, on whose Imamate, glory, and rank touching the limits of Ijtihad, there is an agreement, and of his son Taj and Shaykh Imam Al-Azz bin Jama and of the scholars amongst the Shafiyees, Malikis and Hanafis of his era. Ibn Tamiyah did not restrict himself to objecting over the later Sufies but he also raised objections against Umar bin al-Khattab and Ali bin Abi Talib. The summary is, that there is no worth of his writing, in fact they should be thrown into a abyss and belief should be held about him that he was an innovator, deviated, ignorant and the one who did Ghlu and may Allah deal with him through His justice and may keep us away from his beliefs and acts, Ameen.
Al-Fatawa al-Hadithya by Ibn Hajar al-Haythami, pages 156-157

We read in Al-Dura al-Mudhia, by Ali bin Abdulkafi al-Subki al-Shafiyee (d. 756 H), page 5:

أحدث ابن تيمية ما أحدث في أصول العقائد ونقض من دعائم الإسلام الأركان والمعاقد بعد أن كان مستترا بتبعية الكتاب والسنة مظهرا أنه داع إلى الحق هاد إلى الجنة فخرج عن الاتباع إلى الابتداع وشذ عن جماعة المسلمين بمخالفة الاجماع

“When Ibn Taimiyah caused what he caused in ideology and abolished the pillars of Islam after which he pretended to be an adherent of the Book and Sunnah, and pretended that he was an advocate for truth and guiding others to heaven, he went astray and (went) towards originating a heresy, and became odd by contradicting the Ijma of Muslims.”

We rean in a book Al-Tawfiq al-Rabani written by a group of Sunni scholars, page 32:

علمه أكثر من عقله فأداه اجتهاده إلى خرق الاجماع في مسائل كثيرة قيل انها تبلغ ستين مسألة فأخذته الألسنة بسبب ذلك وتطرق إليه اللوم وامتحن بهذا السبب وأسرع علماء عصره في الرد عليه وتخطئته وتبديعه ومات مسجونا بسبب ذلك.


Sheikh Iraqi said … his knowledge exceeded the capabilities of his brain, and he therefore contradicted the ‘Ijma’ of Muslims on many issues. They said on around 60 matters. They therefore criticized and blamed him, and he has been examined due to that. The scholars of his time refuted him, presented his mistakes, and deemed him a heretic. He was also imprisoned due to that.”



sumber dari: shiapen.com

Al Bayt Al Baghdadi Home Restaurant's








sumber dari: atninfo.com

Darb Al-Faluzig







Al-Baghdadi was born in a part of Baghdad, known as Darb Al-Faluzig; he studied the sciences of the Hadith(Hadίŧ), the Qur'an, and Islamic doctrine. He also acquired literature from Egyptian scholars and studied the books of Aristotle. He then went to Damascus, where he studied medicine. He traveled to various places in the Islamic world, and met with scholars and rulers. The most famous person he met was Al-Nasser Salah Al-Din Al-Ayyubi(Al-NāŞir Şalāh El-Dίn Al-A'ayūbί), whom he described as, "A hero who fills the eye with splendor and the heart with love". He also met the Jewish, Cordovan philosopher, Musa ibn Maymun (Maimonides), and described him by saying, "He is a very virtuous man".

The corpus of Al-Baghdadi's work amounts to some 173 works in linguistics, doctrine, medicine, zoology, mathematics, and travel. Twenty of his works have survived. The book Al Ifada wal E'etebaar fi al Omour al Mushaahada wal Hawadith al Mo'oayana bi Ard Misr (To Profit and Consider the Specific Events in Egypt), is considered to be one of the most precious legacies of this man. This book was originally derived from a larger work entitled Akhbaar Misr (News of Egypt), which contained detailed information on Egypt, but unfortunately has not survived. Al-Baghdadi extracted the details he discussed in the book that were his personal observations.

Al-Baghdadi's book is in two essays; the first is of six chapters. Chapter one is a general discussion of Egypt. Chapters two to six deal, respectively, with the plants, the fauna, the ancient monuments, the singularity of its buildings and ships, and the special characteristics of its food.

The second essay is divided into two sections, the first deals with the Nile and its inundation and the river system. The second deals with the events of the years AH. 597, and 598 in Egypt. He describes the dreadful famine that befell the country. He also described a violent earthquake in Egypt, Syria and Cyprus, on the morning of Monday the 26th of Shaaban, and the aftershocks, at noon on the same day. Al-Baghdadi (Al-Baģdādί)used field research for all his cultural statements and applying the "ethnographic" method.



sumber dari: eternalegypt.org

Albaghdadi first name and surname





Surname Albaghdadi

Usage: 6% firstname, 94% surname.
Albaghdadi first name was found 5 times in 2 different countries.
Surname Albaghdadi is used at least 68 times in at least 10 countries.



sumber dari: namespedia.com

Saturday 21 December 2013

Tinjau Dewan Ibnu Khaldun -UITM




DEWAN IBNU KHALDUN


DEWAN IBNU KHALDUN


DEWAN IBNU KHALDUN



sumber dari: abqarie.com

Wacana Intellektual Ibn Khaldun




Minda Madani Online


(Dr) Ustaz Muhammad ‘Uthman El-Muhammady

Dalam kuliah terdahulu, kita telah melihat secara ringkas ruanglingkup wacana Ibn Khaldun dalam “al-Muqaddimah”nya, dari bab satu sampai empat. Dalam kesempatan ini kita boleh melihat pula perbincangan ilmunya dari bab ke-lima sampai bab ke enam.

Dalam bab ke lima beliau berbicara berkenaan dengan perkara-perkara berikut:

Umumnya bab ini berbicara berkenaan dengan pelbagai aspek usaha mencari penghidupan manusia, seperti mencari keuntungan, pertukangan, dan semua perkara yang terjadi berhubungan dengan beberapa persoalan berkenaan dengannya.

Dalam ceramah sebelum ini (ceramah ke-2) kita berbicara tentang beberapa perkara secara ringkas dalam bab ke-5 “al-Muqaddimah” yang menyentuh soal mencari penghidupan, pertukangan, jenis-jenis usaha dan pertukangan serta kedudukannya masing-masing dalam masyarakat, sampai kepada perbincangan tentang mencari harta karun. Juga dibicarakan kemahiran-kemahiran intelektuil termasuk kepentingan menulis dan falsahanya, juga kepentingan ilmu hisab atau mathematik yang meningkatkan kecerdasan manusia. Kemudian dibicarakan kandungan bab keenam ‘al-Muqaddimah” yang menyentuh soal-soal berkenaan dengan budaya berfikir dan budaya ilmu.

Sebagai sambungan tentang bab ke-6 ini, dalam kesempatan ini, insya’ Allah kita akan berbicara lagi berkenaan dengan budaya berfikir dan budaya ilmu.



sumber dari: mindamadani.my

Ibn Khaldun Bogor University





Untitled photo



sumber dari: erasmusu.com

perkembangan ketamadunan Islam






Dunia pasca Nabi Muhammad SAW melihatkan perkembangan ketamadunan Islam. Dari pemerintahan Khalifah Ar-Rashidin, ke empayar Bani Umaiyah, kemudiannya empayar Abbasiyah dan akhirnya empayar Uthmaniyah. Sejarah ketamadunan Islam ini kaya dengan ilmu-ilmu; kerohanian, pentadbiran, sains, astronomi, matematik, falsafah, seni bina dan sebagainya; yang memberi banyak kebaikan universal, hingga ke hari ini. Ketamadunan Islam memperlihatkan tokoh-tokoh kerohanian seperti Imam Al-Ghazali, Imam An-Nawawi, Ibnu Taimiyyah, juga ilmuan sains dan falsafah seperti Ibnu Sina, Al Farabi, Ibnu Khaldun, Ar-Razi dan banyak lagi.

Sejarah ketamadunan Islam yang menjangkau lebih semileneum lamanya, tidak terkecuali dari pemerintahan yang zalim, dan memperlihatkan penentangan rakyat yang didokong oleh ulama-ulama yang berani. Penukaran satu empayar ke suatu yang lain juga banyak disebabkan faktor yang sama. Akhir sekali, kejatuhan empayar Turki Uthamiyah memperlihatkan kebangkitan rakyat menggulingkan kesultanan Turki yang ketika itu amat jumud, tidak terbuka, serta terpisah dari aspirasi, nasib dan survival ummah keseluruhannya.

Ketamadunan Islam memberi dorongan kepada Eropah untuk bangkit dari Zaman Gelap-nya pada kurun ke 14, dimana Eropah memasuki era perubahan. Era ini digelar Renaissance. Zaman ini memperlihatkan perkembangan idea dan pemikiran yang memacu perkembangan peradaban, ilmu pengetahuan dan seni kebudayaan Eropah. Inilah era dimana pengaruh sains dan kesenian dicetuskan oleh tokoh-tokoh ternama seperti Leornado da Vinci dan Copernicus. Tamadun barat terus unggul dengan kesinambungan teori-teori saintifik yang dikembangkan oleh saintis seperti Isaac Newton pada kurun ke-17 dan berikutnya. Melalui perkembangan sains dan teknologi, Eropah memasuki Revolusi Industri dengan terciptanya mesin-mesin yang menjana pelbagai jenis industri, termasuk tekstil, percetakan, perlombongan, pengangkutan dan sebagainya.



sumber dari: secebiswaras.wordpress.com

Pemikiran Ekonomi Islam




Ibnu Khaldun


Sebelum Ibnu Khaldun, kajian-kajian ekonomi di dunia Barat masih bersifat normatif, adakalanya dikaji dari perspektif hukum, moral dan adapula dari perspektif filsafat. Karya-karya tentang ekonomi oleh para imuwan Barat, seperti ilmuwan Yunani dan zaman Scholastic bercorak tidak ilmiah, karena pemikir zaman pertengahan tersebut memasukkan kajian ekonomi dalam kajian moral dan hukum.

Sedangkan Ibnu Khaldun mengkaji problem ekonomi masyarakat dan negara secara empiris. Ia menjelaskan fenomena ekonomi secara aktual. Muhammad Nejatullah Ash-Shiddiqy, menuliskan poin-poin penting dari materi kajian Ibnu Khaldun tentang ekonomi.


(Ibn Khaldun membahas aneka ragam masalah ekonomi yang luas, termasuk ajaran tentang tata nilai, pembagian kerja, sistem harga, hukum penawaran dan permintaan, konsumsi dan produksi, uang, pembentukan modal, pertumbuhan penduduk, makro ekonomi dari pajak dan pengeluaran publik, daur perdagangan, pertanian, indusrtri dan perdagangan, hak milik dan kemakmuran, dan sebagainya. Ia juga membahas berbagai tahapan yang dilewati masyarakat dalam perkembangan ekonominya. Kita juga menemukan paham dasar yang menjelma dalam kurva penawaran tenaga kerja yang kemiringannya berjenjang mundur,).



sumber dari: blogekonomisyariah.wordpress.com

Sekolah Menengah Ibn Khaldun Tercinta






Sekolah Menengah Ibn Khaldun... 
sebuah taman larangan... 
yg didalamnya penuh dengan keindahan iman dan takwa kepada yang esa... 
yg didalamnya penuh dengan keindahan cinta dan rindu kepada Sang Pencipta... 
yg didalamya penuh dengan kasih dan sayang 300 lebih putera dan puteri 
dalam berukhwah membina syurga persahabatan... ☺

Sekolah Menengah Ibn Khaldun... 
takkan ku lupa namamu... 
sebuah taman ilmu aku membentuk sakhsiah dan peribadi yg ku miliki sekarang... 
sebuah taman ilmu yg menanam cinta dan rindu pada Allah dan RasulNya... 
sebuah taman ilmu yg menanam dalam diriku sifat cinta dalam menuntut ilmu... ☺

Sekolah Menengah Ibn Khaldun... 
takkan ku lupa segalanya... 
terpahat di hati kekal selamanya... (n_n)v...



sumber dari: http://budakkecik90.blogspot.com

Sekolah Menengah Ibn Khaldun




Sekolah Menengah Ibn Khaldun - Shah Alam, Malaysia




sumber dari: ibnkhaldun.edu.my

Tujuan pendidikan islam menurut ibnu khaldun







sumber dari: tujuanpendidikanislammenurutibnukhaldun.wordpress.com

Sekolah Rendah Ibn Khaldun




Sekolah Rendah Ibn Khaldun




sumber dari: ibnkhaldun.edu.my

sistem pendidikan yang kukuh




Nurul Izzah


Melihat masa hadapan, satu pembangunan holistik adalah dituntut. Pendidikan perlu di terbalikkan. Pendidikan dahulu menetapkan penghujung jalannya. Anak ditetapkan untuk menjadi jurutera atau doktor dari kecil. Pendidikan sepatutnya merungkai potensi anak semaksima mungkin.

Pendidikan sewajarnya meraikan pilihan setiap individu anak itu sendiri. Pendidikan masa hadapan harus meraikan potensi anak yang tiada batasannya. Pendidikan yang mampu mencipta bidang baru, mencipta pekerjaan baru yang tidak terbatas sama ada daripada bidang matematik, falsafah, geografi, sejarah, pelayaran, musik, syair, lukisan, atau apa-apa pun.

Ibnu Khaldun di dalam Muqadimah menjelaskan dengan terperinci bagaimana sistem pendidikan yang kukuh diperlukan untuk memastikan pemerkasaan sistem ekonomi yang seterusnya menjana kekuatan dan kedaulatan sesebuah negara. Adalah satu kegagalan apabila sistem pendidikan dilepaskan kepada institusi swasta.


Menurut Dato Dr Siddiq Fadzil, konteks pendidikan harus dilihat daripada lensa tahririy-tanwiriy (pembebasan-pencerahan). Keberanian dituntut untuk membangunkan satu sistem pendidikan alternatif yang bersemangat memperkasa, membebas dan mencerahkan. Selama ini yang terhasil daripada sistem pendidikan sekarang hanya melahirkan generasi yang lemah, meminta-minta, tidak mampu mencipta, dan tidak mandiri. Anak diasuh menjadi generasi penakut, mementingkan diri sendiri, hipokrit dan berpandangan sempit. Ramai juga yang mengalami pemandulan daya kreatif, penumpulan sikap kritis dan tidak lagi memiliki idealisme. Malah ramai yang bangga menjadi budak suruhan sang penguasa. Inilah hasilnya dari satu sistem pendidikan yang gagal.



sumber dari: themalaysianinsider.com

Wednesday 18 December 2013

Ibn Battuta in Black Africa




Cover of: Ibn Battuta in Black Africa by Ibn Batuta


Ibn Battuta in Black Africa
by Said Hamdun and Noel King ; with a new foreword by Ross E. Dunn.

Published by Markus Wiener Publishers in New York .
Written in English.

Edition Notes

Includes bibliographical references and index.
Previously published: Princeton : Markus Wiener, 1994.
Genre Early works to 1800.



sumber dari: openlibrary.org

Preview of ‘Ibn Battuta’




Ibn Battuta 05


Of the few pages and paragraphs (about 30 pages) that I read of the book, Ibn Battuta by L. P. Harvey, I felt like being in the company of a bitching wife (sorry for the strong word), who is deeply pessimistic and doubts if you really had work in the office when you said you’d be coming home late. 
Which is why I feel the book should have been titled: ‘Ibn Battuta: A Perspective’ - this is what it really is, the British author, L. P. Harvey’s perspective on Ibn Battuta’s life and travels. 

Truth be told, the book is very good as it contains many anecdotes and  provides a summary of his travels, in-fact this particular copy was a gift for someone else, so I could not complete its reading, but we’ve ordered two copies of it already, so for someone  who is averse to reading thick fat autobiographical books on Ibn Battuta, like the one more I have on him: ‘The Adventures of Ibn Battuta – A Muslims Traveler of the Fourteenth Century’ by Ross E. Dunn which runs into about 400 pages, this book by L. P. Harvey at just about 120 pages is a welcome change.


You may ask why I’m recommending such a book in that case, but rest assured, to anyone who is familiar with British honesty, this book won’t do any damage, inshaAllah.



sumber dari: theijtema.com

Ibn Battuta Mall







Ibn Battuta Mall, the world’s largest themed shopping mall is revolutionising the retail and entertainment experience in Dubai. Uniquely designed to celebrate the travels of the famous Arabic explorer Ibn Battuta, the exciting mix of over 275 retailers, 50 restaurants and food outlets, 21 cinema screens including the UAE’s only IMAX theatre and a continual array of events and promotions have helped evolve and develop one of the city’s fastest growing areas.



sumber dari: bestwaytravel.org

Saturday 14 December 2013

Medieval Islamic Medicine





Islamic doctors


Doctors made big scientific advances in medicine during the Islamic empire. Islamic doctors began by collecting all the medical observations and logic of Hippocrates and his followers, and Galen, combined with the work of the Indian doctors Sushruta and Charaka, whose books were translated into Arabic about 750 AD.
With this background, Islamic doctors went on to much more practical observations and really managed to find some useful cures for some diseases. Medieval Islamic doctors were especially good at treating eye infections and eye problems like cataracts.

Another big achievement of Islamic doctors was that they started the world's first hospitals, where you could keep sick people apart from healthy people to keep diseases like smallpox and measles from spreading.

One famous doctor was al Tabari, a Persian in the early 800s AD who wrote a huge medical encyclopedia, listing all the different diseases and their treatments. One of al Tabari's students was al Razi (or Rhazes), who was from Persia (modern Iran). Al Razi was born about 850 AD, and he wrote a book about measles and smallpox. This is our first description of measles, and explains how it is different from smallpox. However, he doesn't mention inoculation, even though it was already being done in India. Al Razi also explained that a fever was not part of the illness, but the body's way of fighting the illness (even though Europeans at this time thought that fevers were caused by having too much blood, and they used to bleed people to cure the fever).

Another famous doctor was Ibn Sina, known in Europe as Avicenna, who was born in Bukhara (modern Uzbekistan), about 980 AD. Ibn Sina may have been the first doctor in the world to see that tuberculosis and smallpox were catching, even though he didn't really know about germs, because they're too small to see without a microscope.
Maimonides, who was Jewish and not a Muslim, was the sultan Saladin's doctor in the 1100s AD. Maimonides' book about medicine became very famous. It emphasized prevention - living a healthy life so you wouldn't get sick.
Another famous doctor from the Islamic Empire was called Ibn al-Nafis. He was born in Damascus, Syria, but he worked mainly in Egypt in the 1200s AD. Among other things, Ibn al-Nafis was the first scientist to describe how blood goes from your heart to your lungs to get air and then distributes the air all over your body. (The Roman doctor Galen had suggested some ideas, but Ibn al-Nafis showed that Galen's ideas were wrong).



sumber dari: historyforkids.org

mendeskripsikan peredaran darah




Ibnu Al-Nafis Damishqui (1213-1288) - www.jurukunci.net
Ibnu Al-Nafis Damishqui (1213-1288)


Ibnu Al-Nafis merupakan orang pertama yang mampu mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia. secara tepat. Penemuan besar ini terjadi sekitar tahun 1242. Ibnu Al-Nafis ketika itu mampu menggambarkan secara detail aliran darah mellaui paru-paru dan membentuk sistem sirkulasi darah. 



sumber dari: jurukunci.net

Science and Islam




Click to toggle image size


Did European learning really crawl straight out of the glum ooze of the so-called Dark Ages and into the light of the Renaissance? According to Ehsan Masood, between 700 and 1400 CE while European scholarship slumbered, Islamic countries were having their own scientific revolution—an era to which European science owes much. But why has this history been underplayed in so many western accounts of the development of science?

In Science and Islam, Masood carefully picks his way through a tangle of fact and mythology, to argue that by rights, names like Abbas ibn-Firnas, ibn al-Nafis, and Jabir ibn-Hayyan should be as familiar to the world as Leonardo da Vinci and Robert Boyle.

In the bustling streets of the ancient city of Baghdad, knowledge was in fashion. Under the encouragement of the ruling religious leaders in the ninth century, the city's elite paid handsomely for translations of the writings of Galen and Aristotle. Islamic scholars were drawn to the city's burgeoning libraries and debating salons, and this gathering of intellect proved fruitful. Abbas Ibn-Firnas, for example, created lenses to magnify objects and correct light, as well as experimenting with Da Vinci style flying machines.

This flourishing marriage between science and Islam came to fruition in medicine. Wealthy people donated money or time to the study of medicine for religious or cultural motives. One 11th-century Islamic scientist, ibn-Sina (or Avicenna) made legendary contributions to philosophy, mathematics, astronomy, and medicine. Among his astonishingly varied insights were that light and heat were just different forms of energy; that diseases can spread through water; and that nerves transmit pain. In the 13th century, ibn al-Nafis, a physician from Cairo, discovered pulmonary circulation.

So why are Islamic countries today not the hotbed of scientific learning and progress they once were? In medicine at least, the explanation lies partly in the influence of Prophetic Medicine, which advocated a faith in traditional practices to be found in the teachings of the Prophet Muhammad over experimental science. And, as the Islamic empire began to crumble in the 16th century, European nations embarked on their eager colonisation of the world.

Authoritarian Islamic rule that shuts out new knowledge is a popular trope to explain why even the richest Islamic countries are not on a par scientifically with the USA or UK. But Masood notes that Islamic countries with the best science such as Iran, Malaysia, and Turkey have leaders as authoritarian as any from the early days of Islam. What Islamic countries need now, he says, is an environment in which both science and religion are given room to breathe: just as religion must not suffocate scientific learning, nor should science attempt to extinguish religious faith.



sumber dari: thelancet.com

Herbal Untuk Menghilangkan Kebiasaan Merokok




Ibnu al-Nafis Herbal Untuk Menghilangkan Kebiasaan Merokok


Ibnu al-Nafis herbal untuk menghilangkan kebiasaan merokok.


Adalah s
ebuah pilihan ramuan alami terbukti efektif membantu dalam menghilangkan kebiasaan buruk merokok dalam waktu singkat.

Manfaat :

1 – Membantu untuk menyingkirkan kebiasaan merokok dan  membuatnya merasakan tak enaknya merokok.
2 - Membantu untuk menyingkirkan nikotin dalam tubuh dan bahaya dari efek buruk kebiasaan merokok.
3 - Membantu tubuh untuk mengembalikan aktivitas dan vitalitas.


Cara menggunakan:



Secangkir  kecil rebusan (sesendok makan) Ibnu al-Nafis herbal untuk menghilangkan kebiasaan merokok setiap dua jam sekali sepanjang hari.



sumber dari: galeriherbal.com

Penemu Sirkulasi Pernapasan




myQuran - Komunitas Muslim Indonesia


"Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Ibnu Nafis (1210-1288) merupakan orang pertama yang secara akurat mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia(pada 1242). Penggambaran kontemporer proses ini telah bertahan. Khususnya, ia merupakan orang pertama yang diketahui telah mendokumentasikan sirkuit paru-paru. Secara besar-besaran karyanya tak tercatat sampai ditemukan di Berlin pada 1924."



sumber dari: myquran.org

the concept of the coronary circulation






These important observations were not known in Europe until 300 years later when Andrea Alpago of Belluno translated some of Ibn Al-Nafis’ writings into Latin in 1547 5. Later, Michael Servetus described the pulmonary circulation in his theological book, "Christianismi Restitutio", in 1553 and wrote, 

"...air mixed with blood is sent from the lungs to the heart through the arterial vein; therefore, the mixture is made in the lungs. The bright color is given to the sanguine spirit by the lungs, not by the heart." 6.  

It is worth mentioning that the Church accused Servetus of heresy for opposing the teachings of Galen, and was consequently -with his book -burnt at the stake. Andreas Vesalius described the pulmonary circulation in his book "De Fabrica", in a manner similar to Ibn Nafis' description. An interesting observation is that in the first edition of the book (1543), Vesalius agreed with Galen that the blood "... soaks plentifully through the septum from the right ventricle into the left...” Then in the second edition (1555) he omitted the above statement and wrote instead..."I still do not see how even the smallest quantity of blood can be transfused through the substance of the septum from the right ventricle to the left..." 5. Another similar description was given by Realdus Colombo in 1559 in his book "De re Anatomica" 6.

Then it was William Harvey who, in 1628, demonstrated by direct anatomic observation in laboratory animals the movement of blood from the right ventricle to the lung and then observed the blood returning to the left side of the heart via the pulmonary vein and again he stated that he could not find any pores in the interventricular septum. He wrote in his monograph, "Exercitatio anatomica de motu cordis et sanguinis in animalibus": 

"I began to think there was a sort of motion as in a circle. I afterwards found true, that the blood is pushed by the beat of the left ventricle and distributed through the arteries to the whole body and back through the veins to the vena cava and then returned to the right auricle, just as it is sent to the lungs through the pulmonary artery from the right ventricle and returned from the lungs through the pulmonary vein to the left ventricle, as previously described." 6 However, he did not understand the physiology of the pulmonary circulation (dissipation of carbon dioxide and replacement with oxygen), which was fully elucidated by Lavoisier in the 18th century 3.



sumber dari: khilafatworld.com

The pulmonary circulation according to Ibn Al-Nafis






The discovery of the pulmonary circulation is an interesting and much debated topic. It is commonly believed that this discovery had its inception in Europe in the sixteenth century by Servetus, Vesalius, Colombo, and finally Harvey. However, in view of the discovery of ancient manuscripts, it is proposed that the real credit for the discovery of the pulmonary circulation belongs to an eminent physician of the thirteenth century: Ibn Al-Nafis.

In 1924 an Egyptian physician, Dr. Muhyo Al-Deen Altawi, discovered a script titled, "Commentary on the Anatomy of Canon of Avicenna" in the Prussian state library in Berlin while studying the history of Arab Medicine at the medical faculty of Albert Ludwig’s University in Germany 2. This script is considered one of the best scientific books in which Ibn Al-Nafis covers in detail the topics of anatomy, pathology and physiology. This discovery revealed an important scientific fact, which up to then had been ignored: the first description of the pulmonary circulation.

The theory that was accepted prior to Ibn Al-Nafis was placed by Galen in the second century, who had theorized that the blood reaching the right side of the heart went through invisible pores in the cardiac septum to the left side of the heart where it mixed with air to create spirit and was then consequently distributed to the body. According to Galen's views, the venous system was quite separate from the arterial system, except when they came in contact through the unseen pores 3.

However, Ibn Al-Nafis, based on his knowledge in anatomy and scientific thinking stated that,

"...The blood from the right chamber of the heart must arrive at the left chamber but there is no direct pathway between them. The thick septum of the heart is not perforated and does not have visible pores as some people thought or invisible pores as Galen thought. The blood from the right chamber must flow through the vena arteriosa (pulmonary artery) to the lungs, spread through its substances, be mingled there with air, pass through the arteria venosa (pulmonary vein) to reach the left chamber of the heart and there form the vital spirit...



sumber dari: khilafatworld.com

Thursday 12 December 2013

Si Anak Emas Di Era Kejayaan Islam Spanyol






'Avempace''. Begitulah ilmuwan Barat biasa menyebut Ibnu Bajjah, ilmuwan Muslim terkemuka di era kejayaan Islam Spanyol. Ziaduddin Sardar dalam bukunya, Science in Islamic Philosopy, menabalkan Ibnu Bajjah sebagai sarjana Muslim multitalenta. Ibnu Bajjah dikenal sebagai seorang astronom, musisi, dokter, fisikawan, psikolog, pujangga, filsuf, dan ahli logika serta matematikus.

Sejatinya, Ibnu Bajjah bernama Abu-Bakr Muhammad Ibnu Yahya Ibnu Al-Sayigh. Namun, ia lebih populer dengan panggilan Ibnu Bajjah yang berarti "anak emas". Sang ilmuwan agung ini terlahir di Saragosa, Spanyol, tahun 1082 M. Ibnu Bajjah mengembangkan beragam ilmu pengetahuan di zaman kekuasaan Dinasti Murabbitun.

Ibnu Bajjah dikenal sebagai penyair yang hebat. Pamornya sebagai seorang sastrawan dan ahli bahasa begitu mengilap. Salah satu bukti kehebatannya dalam bidang sastra dibuktikannya dengan meraih kemenangan dalam kompetisi puisi bergengsi di zamannya. Emilio Gracia Gomes dalam esainya bertajuk, Moorish Spain, mencatat Ibnu Bajjah sebagai seorang sastrawan hebat.

Menurut seorang penulis kontemporer, Ibnu Khaqan, selain dikenal  sebagai seorang penyair, Ibn Bajjah juga dikenal sebagai musisi. Ia piawai bermain musik, terutama gambus. Yang lebih mengesankan lagi, Ibnu Bajjah adalah ilmuwan yang hafal Alquran. Selain menguasai beragam ilmu, Ibnu Bajjah pun dikenal pula sebagai politikus ulung.

Kehebatannya dalam berpolitik mendapat perhatian dari Abu Bakar Ibrahim, gubernur Saragosa. Ia pun diangkat sebagai menteri semasa Abu Bakar Ibrahim berkuasa di Saragosa.Setelah itu, selama 20 tahun, Ibnu Bajjah pun diangkat menjadi menteri oleh Yahya ibnu Yusuf Ibnu Tashufin, saudara Sultan Dinasti Murrabitun, Yusuf Ibnu Tashufin.

Kehebatannya dalam filasat setara dengan Al-Farabi ataupun Aristoteles. Pemikirannya tentang filsafat sangat memengaruhi Ibnu Rusyd dan Albertus Magnus. Ibnu Bajjah menemukan gagasan filsafat ketuhanan. Ia menetapkan manusia boleh berhubungan dengan akal fa'al melalui perantaraan ilmu pengetahuan dan pembangunan potensi manusia.

Menurutnya, manusia boleh mendekati Tuhan melalui amalan berpikir dan tidak semestinya melalui amalan tasawuf yang dikemukakan Imam Al-Ghazali. Dengan ilmu dan amalan berpikir tersebut, segala keutamaan dan perbuatan moral dapat diarahkan untuk memimpin serta menguasai jiwa. Ia meyakini usaha ini dapat menumpas sifat hewani yang bersarang dalam hati dan diri manusia.



sumber dari: dunia.lintas.me/go/zilzaal.blogspot.com

Kemilau Ilmu Pengetahuan dari Andalusia






Filsafat

Pemikiran yang dihasilkan melalui bidang ilmu filsafat di era Dinasti Umayyah Spanyol menjadikan wilayah ini sebagai pusat pemikiran yang paling banyak didatangi berbagai pencinta ilmu setelah Baghdad. Salah satu aliran filsafat yang masyhur datang dari Ibnu Rushd (1126-1198) atau Averroes. Namanya dikenal terutama di kalangan Barat berkat pengembangannya dalam aliran filsafat sekuler. Ia bahkan dipandang dinilai sebagai bapak filsafat sekuler Eropa. Pemikirannya terutama memberikan pengaruh yang sangat besar di Eropa Barat. Konsep eksistensi mendahului esensi datang dari nama yang satu ini. Nama lainnya yang juga identik dengan filsafat dari Andalusia adalah Ibnu Tufail.

Ilmu bumi

Dari sekian penemuan yang dihasilkan pada masa Dinasti Umayyah Spanyol, apa yang dihasilkan Abu Abdullah Muhammad Ibnu Ma'fudh pada abad ke-11 M di bidang ilmu bumi menjadi bukti perkembangan ilmu bumi masa itu. Penemuan optik Ibu Ma'fudh ini bahkan didokumentasikan dalam bentuk buku yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam berbagai berbagai bahasa seperti bahasa Latin dengan judul Liber de Crepisculis. Selanjutnya pakar biologi Andalusia, Abu al- Abbas al-Nabati mulai mengembangkan metode ilmiah botani pada awal abad ke-13 M.

Kerja kerasnya ini dikembangkan muridnya Ibnu al-Baitar hingga pemahaman mengenai ilmu botani pun menjadi lebih luas. Ia bahkan menuangkan pencapaiannya melalui kitab al- Jami fi al-Adwiya al-Mufrada yang diyakini sebagai salah satu kompilasi botani terbesar dalam sejarah. Ensiklopedi botani karya Al-baitar ini memuat 1.400 jenis tanaman dan 300 di antaranya merupakan temuannya sendiri. Pemikirannya lebih jauh sangat berpengaruh di Eropa.

Astronomi

Bidang astronomi mencapai puncak kejayaannya di era Kekhalifahan Umayyah Spanyol pada abad ke-11 dan 12 M. Adalah Ibnu Haitham seorang astronom asal Andalusia yang untuk pertama kalinya mengubah konfigurasi Ptolemeus. Astronom Andalusia lainnya Al-Zarqali alias Arzachel pada akhir abad ke-11 M bahkan menemukan bahwa orbit planet lebih merupakan edaran eliptik bukan edaran sirkular.

Nama Ibnu Rushd juga tercatat sebagai salah seorang ilmuwan yang turut menentang paham astronomi yang dikembangkan Ptolemeus. Penemuan astronomi penting lainnya tercatat atas nama Ibnu Bajjah yang mengusulkan konfigurasi Galaksi Bima Sakti. Ada pula Nur Ed-Din Al Betrugi alias Alpetragius yang mengusulkan model-model planet baru.

Teknologi

Masa kejayaan Islam di Spanyol turut ditandai dengan munculnya beragam teknologi. Hal ini sangat memungkinkan dengan dukungan pesatnya industri dan ilmu pengetahuan kala itu. Di antara hasil pengembangan teknologi yang digunakan yaitu teknologi kincir air dan angin di sejumlah pabrik kertas, pabrik baja, dan pabrik-pabrik pangan. Ada jugateknologi bendungan serta pengatur air untuk irigasi yang dikenal pada masa peradaban muslim Spanyol.

Pada masa yang sama pula Abbas Ibnu Firnas muncul sebagai penemu teknologi yang selanjutnya menjadi cikal-bakal pesawat terbang dan parasut. Teknologi di bidang kedirgantaraan di Andalusia ini menjadi yang pertama di dunia. Ibu Firnas juga yang menjadi inspirator kemungkinan umat manusia mampu menjelajahi angkasa.



sumber dari: klik-galamedia.com